Jumat, 14 November 2008

112 Kontingen Kesultanan Bima Tiba di Makassar

Liputan Khusus Festival Kraton di Gowa

Makassar, HabaMbojo - Sebanyak 112 anggota rombongan Kesultanan Bima tiba di Makassar, Kamis (13/11). Rombonga Kesultanan Bima yang tiba dengan kapal motor eNTeBe Express tersebut dipimpin Hj. Nurdin SH yang tiba sekitar di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Kamis (13/11) sekitar pukul 16.00 wita.

Rombong diterima langsung Kerukunan Keluarga Bima Sulsel Ibrahim H Achmad MM. Dalam sambutan penerimaannya Ibrahim mengatakan, mengucapkan selamat datang pada rombongan.

Menurutnya, pada Festival Keraton Nusantara Kesultanan Bima akan mengikuti delapan jenis kegiatan.

Pada event Festival Keraton Nusantara yang berlangsung di Kabupaten Gowa yang di ikuti 45 Keraton se Indonesia, Kesultanan Bima mengirim 100 orang utusan plus melibatkan sekitar 100 warga Bima yang berdomisili di Makassar. Di Bima kami dipeserta dilepas Bupati Bima Ferry Zulkarnaen pada Rabu (12/11),"demikian ungkap Ibrahim, Kamis (13/11),

Pada event tersebut delegasi kesultanan Bima akan ikut serta pada kegiatan kirab agung. Dalam Kirab Agung yang dilaksanakan pada hari pembukaan Festival Keraton Nusantara, kesultanan Bima akan menampilkan Adat istiadat kerajaan bima, berupa atraksi tentara berkuda, parade panglima perang.komandan kalilah, pakaian pesangi (pakaian khas raja bima), permainan rakyat main asoka, (ciri khas bima), manca, tarian klasik (lenggo), 60 orang prajurit sumba, akan berpakain merah, wanita berpakaian baju porro, barisan pejabat eksekutif kerajaan, para kepala desa, dan perwakilan rakyat dengan baju bima dengan baju koko dan simbolo.

Rencananya rute kirab mengambil start dari Mesjid Syech Yusuf Makassar berakhir Istana Balla Lompoa Kabupaten Gowa.

Selain itu, Kesultanan Bima juga akan ikut berpartisipasi pada event festival kuriner istana, pameran benda kerajinan. Gelar budaya daerah tarian dan permainan rakyat dan pakaian pengantin adat Bima. Dialog budaya yang dilaksanakan di Malino tgl 16 Nov. 17 Siang ditutup dengan HUT GOWA. Pada kegiatan kuriner istana Bima akan menampilkan kuriner ikan bandeng, makanan rusa, sea food.

Tidak ada komentar: