Sabtu, 14 Juni 2008

Sejumlah Pelabuhan di Bima Rencana Dikeruk

Jakarta, Haba Mbojo - Untuk mempersiapkan kapal perintis baru tersebut kini sedang dipersiapkan pemasangan rambu suar dan pengerukan beberapa pelabuhan kecil yang saat ini sudah mulai dangkal, kata Agus.

Kepala Adpel Bima mengatakan, kapal baru perintis tersebut diperkirakan akan datang paling lambat tahun 2009. Dan untuk itu pelabuhan Bima juga perlu dilakukan pengerukan alur pelabuhan dan perbaikan suar untuk keselamatan pelayaran.

Pelabuhan Bima yang kini tergolong pelabuhan pangkal telah menjadi home base kapal barang perintis Bestindo V yang beroperasi sebagai kapal perintis sejak tahun 2006.

Pelabuhan Bima menjadi pelabuhan penting peranannya dalam angkutan laut perints yang menghubungkan wilayah terpencil di NTB, NTT dan hingga ke Makasar.

Dinas Perhubungan NTB pada tahun anggaran lalu telah melakukan program peningkatan pelabuhan di Benete, Sape, Calabai, Labuhan Lombok, Waworada dan Cempi, sedangkan program pembangunan keselamatan pelayanan telah membangun empat menara suar, pengerukan alur pelayaran Lembar, dan membangun pelabuhan Telong Elong, Labangka.(Antara)

Tidak ada komentar: